Basia on Broadway (Live at Neil Simon Theatre), live recording tanpa celah

Label: Epic
Country: UK & Europe
Released: 1995
Genre: Jazz, Pop

Hai halo, kali ini saya mau bahas soal album live recording-nya Basia yah? Yap, kali ini saya bahas soal Basia on Broadway, Live at The Neil Simon Theatre, live recording-nya Basia yang paling clean, sarap, dan bikin saya hampir nangis mendengarnya.

Album ini dirilis tahun 1995, saya umur 3 tahun. Saya tidak tahu apakah cuma saya yang seleranya selalu ‘tua’ atau bagaimana, yang jelas kualitas recordingnya sama sekali tidak terasa kalau album ini dibuat sebelum jaman milenial.

Soal set list lagu, wanita kelahiran 1954 ini membawa lagu-lagu dari album Tome and Tide (1986) sampai The Sweatest Illusion (1994). Saya pribadi suka semua lagu yang dibawa di album ini, tapi highlight saya adalah Copernicus, Cruising for Bruising, Third Time Lucky, Baby You’re Mine, dan Drunk On Love. Well, i think I should write her discography, someday! LOL

Salah satu lagu favorit, tapi ini yang live at Warsaw yah!

Jujur album live ini yang buat saya suka sama penyanyi asal Poland ini. Soalnya saya sangat biasa melihat versi live dari seorang penyanyi atau sebuah band untuk tahu seasyik apa mereka. Album bisa diedit, tapi live itu salah sedikit habislah!

Basia dan rekannya Danny White bawa personil band yang cukup lengkap. Saya bisa dengar gitar, drum, bass, piano, saxophone, kadang flute, dan perkusi. Bahkan saat di Java Jazz 2013, mereka gak bawa perkusionis. Tapi over all setelah lihat lagi live mereka di Java Jazz, parah yang Live at The Neil Simon Theatre ini gak ada celah salahnya. Pecah suaranya bulat sekali dan saya menikmati colongan pemain perkusinya yang berada di sela-sela beat pemain drumnnya. AKHHHHHHH!

Di album live recording ini Basia menggunakan 3 backing vocal jadi suaranya lebih kaya. Basia juga pakai pemain trombone jadi kebayang kan musiknya tuh kaya banget? Ditambah performa suaranya Basia di album ini bagus sekali. Rendahnya bahkan tingginya bersih. Buat para penyanyi, coba perhatikan bagaimana Basia membunuh album ini. Percayalah, saya pernah liat live-nya dan mereka sepertinya tidak pakai efek. Jadi eho-nya mereka buat sendiri. Lucu deh.

Buat yang suka latin, jazz, lil bit samba, saya rasa album ini wajib punya. Saya belajar banyak dari album ini. Salutnya, semua aransemennya hampir detil sama seperti di versi albumnya *mau nangis!!!

Leave a Reply

