Tentang kuliner dan kebiasaan makan di Ho Chi Minh, Viet Nam

Bukan tanpa alasan kalau saya berhadapan dengan makan banyak setiap hari. Saya pernah curhat di toshikoiko.tumblr.com soal betapa baiknya owner restoran yang menyediakan banyak sekali makanan untuk dicicipi. Namun, bagaimana kalau makan banyak tidak terjadi sesekali, melainkan jadi kebiasaan harian? Well, itu yang saya temukan ketika berkunjung ke Ho Chi Minh City, Viet Nam.

Saya menyadari habit makan banyak di Viet Nam saat makan malam di hari pertama business trip. Kami (saya, Justy, Imce, Hendi, dan Dika) makan di sebuah restoran dekat hotel bernama Lam Cafe. Hampir semua sajian dalam buku menu dibuat sangat besar; bahkan fish and chips-nya yang bisa membuat warga sekelurahan kenyang.

Eating habit at Viet NamKami mencoba beberapa sajian seperti Grilled Chicken with Potato, Pad Thai, Pho, dan Vietnamese Spring Roll. Dua sajian yang paling di-highlight jelas adalah Pho dan Vietnamese Spring Roll. Menurut saya sih, Pho di sana lebih berkaldu ya daripada yang biasa kita temui di Indonesia. Ah, saya langsung merasa Pho yang di Indonesia jadi kurang enak.

Eating habit at Viet NamEating habit at Viet NamSemua makanan di atas harga rata-ratanya 50-80 ribu Dong, silakan bagi dua untuk tahu harga rupiahnya. Kalian bisa menemukan aneka jenis makanan di tempat ini; mungkin karena daerah tersebut adalah daerah foreigner.

Babi everywhere!Eating habit at Viet Nam

Di Viet Nam, kita bisa menemukan banyak sekali sajian babi murah; you name it, grilled pork, sup babi, nasi campur babi, pare isi babi, semuanya! Satu tempat makan yang harus saya highlight adalah Ba Ku Teh di 3KUTE.

Ba Ku Teh adalah salah satu sajian sup babi yang banyak dikenal di Asia. Setahu saya rasanya memang cenderung manis. Untungnya di 3KUTE Ba Ku Teh-nya tidak terlalu manis. Saya sih harus menikmati potongan pork ribs-nya setelah dicocol ke kecap asin plus cabainya. AHHH! Agak aneh sih, tapi kayaknya kalau pakai sedikit perasan jeruk jadi lebih enak. Blame me as a Manadonese!

Eating habit at Viet NamLagi-lagi harganya sangat murah! Harga semangkuk besar yang bisa berisikan 5 potong pork ribs hanya sekitar 50-60 ribu Dong. SOOOO CHEAP! Sementara saya pernah makan nasi campur babi di Gang Gloria seharga 120 ribu Rupiah berdua! Well!!!!

The people loves to treat or giving food

Hal lain yang perlu kita highlight dari Viet Nam adalah kesukaan orang-orangnya untuk ngasih makan orang lain. Begini, ada satu hari di sana saya dan teman-teman ditraktir plus diajak makan rekan kerja di sana.

Setelah (bodohnya) sarapan, saya tiba-tiba dibawakan Banh Mi yang isinya lagi-lagi babi plus dipesankan milk tea. Itu kondisnya jam 10.00. Sekitar jam 11.00 saya berhasil menghabiskan keduanya dan ia sudah mengajak makan siang lagi di jam 11.30.

Eating habit at Viet Nam

Makannya nasi sama babi panggang lagi…

Eating habit at Viet NamTerus selesai dari situ disuruh nyobain dessert yang rasanya kayak bola ubi dan kacang hijau pula…

Eating habit at Viet NamBisa apa coba?

Nggak kuat sih! Saya pikir mungkin karena orang ini baik. Lah, ternyata hampir semua pemilik restoran yang saya datangi juga demikian. Saya mampir ke sebuah kedai sup kepiting. Ketika saya hampir menghabiskan sup-nya, si penjual menambahkan lagi ke piring saya. LAH!

Begitupun ketika saya datang ke sebuah kedai yang menyajikan aneka minuman dan dessert dari matcha. Minuman yang keluar nggak habis-habis. Capek loh makan di Viet Nam!

Eating habit at Viet Nam

Itu dia soal kuliner dan kebiasaan makan di Viet Nam. Menarik, kan? Nggak heran kalau aplikasi berbasis kuliner seperti Foody sangat digandrungi di sana. They love to eat! Hampir semua restoran ramai sehingga fitur seperti reservasi atau memesan makanan via gawai jadi dibutuhkan.

Baca juga: 8 Tips diet simpel tanpa siksaan

So, kalau kamu adalah pecinta makan, Viet Nam bisa sekali jadi destinasi pilihan untuk liburan. Saran saya sih siap-siap the hijau dan banyaklah minum air putih selama di sana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s