Menjajal sensasi makan malam fancy a la Indonesia

Beberapa waktu lalu mampir ke KAUM Jakarta untuk bukber sambil mencoba sajian mereka. Yup, artikel lengkapnya sok saja lihat di Foody.id. Ya kalau nulisnya sama, nggak etis dong, ya?

Kali ini saya mau cerita soal dinner di KAUM Jakarta. Jadi begini, beberapa waktu lalu mama saya masuk rumah sakit karena sakit gigi. Hampir satu bulan beliau dirawat, dan kayaknya kalau diingat-ingat saya belum mengajak mama saya makan bareng paska kejadian tersebut.

Akhirnya berbekal voucher dari KAUM Jakarta, saya pun membawa mama saya makan di sana. Lagipula saya berpkir, mama adalah orang yang paling bisa masak dan tahu betul makanan Indonesia (walaupun dirinya adalah seorang Cina tulen). So, kenapa nggak bawa mama nyicipin langsung KAUM Jakarta; sekalian ngetes seautentik apa sih rasanya?

Tahukah kamu kalau makanan ini ternyata bikin kamu tambah lapar?

Masuk ke KAUM Jakarta pertama kali kami disapa oleh Mbak Kiki dan sepertinya baru saya sadari kalau satu pramusaji akan melayani sebuah meja dari awal sampai habis. Mbak Kiki tahu betul tentang semua sajian hingga detil restoran. I think every waitress there are trained well! So impressive!

“Eh ini mah lagu jaman mama muda dulu! Ya ampun itu masih pakai vinyl ya?,” ungkap mama saya saat pertama kali masuk ke KAUM Jakarta.

Sebelum kami memesan makanan, Mbak Kiki menjelaskan kalau hari itu saya dan mama dapat satu set menu untuk dinner; mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Aduh, agak banyak sih! Berhubung saya sudah pernah makan di sini, saya menyilakan mama saya untuk memesannya.

Mama saya memesan Ayam Berantakan, Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu, dan Bistik Jawa yang akan kami makan dengan nasi. Well, kali ini saya akan menulis review berdasarkan apa yang mama saya katakan ya!

Eits, makanan sehat ini perlu perhatian khusus sebelum dikonsumsi!

Sebelum masuk ke makanannya, komentar pertama yang mama saya berikan adalah seputar nasinya. Menurut mama saya, nasinya sangat enak! Di satu sisi ia ingin bilang itu nasi liwet, tapi menurutnya lagi itu bukan. Saat Mbak Kiki datang ke meja saja, mama pun sempat bertanya.

“Bukan nasi liwet, bu. Nasi ini dimasak dengan bumbu dan teknik tradisional. Semua bahan termasuk nasi pun diambil dari produsen lokal. Ini jadi berpengaruh terhadap rasanya.” ungkap Mbak Kiki sambil menyajikan berbagai lauk yang kami pesan.

Tebak, sajian apa yang pertama di-highlight mama? AYAM BERANTAKAN! Simpel karena serundengnya enak, apalagi kalau pakai nasi. Dagingya juga sangat empuk dengan bumbu hingga meresap ke dalam.

UntitledMasuk ke menu Ikan Bakr Sambal Dabu-dabu. Mama bilang ikan bakarnya sangat fresh apalagi ditambah sambal dabu-dabu yang meningkatkan nafsu makan. Well, at the end mama yang menghabiskan ikan bakar itu.

Baca juga: Tentang kuliner dan kebiasaan makan di Ho Chi Minh, Viet Nam

KAUM, JakartaSoal Bistik Jawa, mama menyukai tekstur daging yang sangat lembut. Menu ini yang bikin mama saya menyerah untuk tidak makan nasi lagi dan mencoba untuk melahap dagingnya saja.KAUM, JakartaUntuk dessert, kami berdua punya pilihan yang berbeda. Saya dengan Klappertaart dan mama dengan Kue Lumpur Bubur Ketan Hitam.

Sejak pertama kali saya datang ke KAUM Jakarta, saya sudah jatuh cinta dengan Klappertaaart-nya. Kalau biasanya sajian tersebut punya dominan rasa kelapa, di KAUM Jakarta, kita akan merasakan sensasi harumnya tapai yang menggugah selera.

KAUM, JakartaSementara itu, Kue Lumpur Bubur Ketan Hitam yang jadi pilihan mama saya jadi penutup yang manis baginya. Perpaduan keduanya ditambah santan yang cenderung ringan sangat menggoda. Mama saya berulang kali mengucapkan, “Ini enak loh!”

KAUM, JakartaOver all, kesan kami di KAUM Jakarta sangat memuaskan. Bukan hanya soal rasa dan venuenya, tapi juga soal pelayanannya.

Dinner di KAUM Jakarta jadi membuka mata saya kalau dinner fancy yang agak kasual tidak melulu soal steak, grilled salmon, atau sajian dengan mashed potato. Lah, ya kali dinner fancy pakai nasi? SO WHAT? Kita Indonesia. Mungkin kita saja yang menganggap kalau makanan Indonesia itu nggak fancy. Padahal mah di luar negeri sudah banyak yang kagum sama eksotiknya makanan Indonesia 🙂

Jadi, buat kamu yang ingin mencoba dinner ala Indonesia, silakan mampir ke KAUM Jakarta. Akhir kata, TERIMA KASIH MBAK KIKI UNTUK SERVICENYA 🙂

Lokasi KAUM Jakarta:

Leave a Reply

