Semasa Cafe and Shop, kreatifnya revitalisasi gedung 1920an jadi tempat ngopi cozy

Semasa Cafe & Shop

Aduh maaf ya baru nulis blog lagi! Jadi beberapa waktu ini banyak banget perintilan yang bikin blog ini jadi kurang terpegang. Anyway yaudahlah ya! Selalu ini yang jadi pembuka tulisan blog setelah lama nggak posting.

Di tengah-tengah kesibukan, saya beberapa kali mampir ke Semasa Café and Shop di Gedung Olveh. Dilansir dari National Geographic Indonesia, gedung bergaya Art-Deco itu merupakan bekas kantor perusahaan asuransi zaman Hindia Belanda, Onderlinge Verzekeringsmaatschappij Eigen Hulp (OLVEH) yang dibangun pada 1921 dan diresmikan pada 1922.

Selama puluhan tahun gedung itu dibiarkan begitu saja; mungkin teman-teman juga tidak banyak tahu tentang gedung tersebut karena letaknya yang berada di seberang stasiun Kota; bukan di kawasan gedung Fatahillah.

Tepatnya pada 17 Maret 2016, Gedung Olveh terlahir kembali. Adalah Che Wei bersama Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC) dan konsultan Bhirawa Architects yang telah mengupayakan konservasi dan preservasi Gedung Olveh.

Gedung Olveh ini sering sekali dipakai untuk pameran kreatif, itu juga yang akhirnya bikin saya kenalan dengan Semasa Café. Semasa Café buka setiap hari, namun hanya sampai jam 18.00.

Suasana kafenya sangat artsy karena biar bagaimana pun itu di sebuah gedung lama. Nah, yang jadul-jadul kan asyik tuh! Percaya deh, kalian akan jatuh cinta saat pertama kali datang ke sana.

Semasa Cafe & Shop

Semua mejanya kayu, ada beberapa majalah disiapkan di sana, plus hiasan bunga segar yang bikin suasanya asyik. Menurut barista di sana, weekendnya agak ramai, namun kalau weekdays Semasa Café sangat nyaman untuk bekerja.

Semasa Cafe & Shop

Semasa Cafe & Shop

Sebenarnya Semasa Café itu punya lebih banyak varian teh. Mereka juga menjualnya dalam bentuk belum diseduh, untuk dibawa pulang. Di sana kalian bisa memilih Smoky Green Tea, Oolong Tea, Jasmine Tea, Aged Phu Erl 3 Years Old, Japanese Sencha, Matcha, Earl Grey,dan Darjeling. Signature tea mereka ada Semasa Indonesian Tea dan Semasa Colonial Tea. Kalian juga bisa memesan tea blend mereka.

Kalau kopinya sih standar coffee shop; ada Black Coffee, Espresso, dan Latte. Kalian juga bisa Pick Your Indo Coffee yang dipilih dari daerah-daerah di Indonesia. Nah, yang paling mahalnya adalah Aceh Luwak Coffee.

Baca juga: Rahasia tetap slim fit ala perempuan Jepang

Semasa Cafe & Shop

Semua minuman di sini disajikan dengan sepotong kue mereka. Kalau kurang, kamu bisa menambah Rp.20 ribu untuk lima buah kue. Pokoknya saat minuman itu datang ke meja kalian, sudah siap difoto saking cantiknya.

Baca juga: Black Campaign Coffee, suasana ngafe sore di tepi Sungai Cisadane

Semasa Cafe & Shop

Semasa Cafe & Shop

Semua minuman ini berkisar di harga Rp.25-50 ribu. Murah, kan? MAKANYA NGOPI ATAU NGETEH DI SITU SERU BANGET!

Over all, Semasa Café and Shop cocok banget untuk teman-teman baca atau ngeblog kayak saya sekarang ini. Selain itu, kamu bisa merefleksikan soal Jakarta; ibukota Indonesia.

Baca juga: 3 Alasan Jogjakarta adalah tempat leha-leha paling tepat di saat jengah

Semasa Cafe & Shop

Ada kisah menarik dibalik revitalisasi Gedung Olveh. Saat itu, JOTRC menemukan bahwa lantai dasar Gedung Olveh sejajar dengan permukaan jalan, namun jarak langit-langitnya lebih rendah daripada jarak langit-langit di lantai kedua dan ketiga. Penasaran, JOTRC pun membongkar lantai dasar.

Ditemukan bahwa lantai asli dari gedung ini berada nyaris satu meter di permukaan jalan saat ini. Selama ini, permukaan tanah Jakarta terus menerus dibuat tambah tinggi; untuk menghindari banjir.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Mungkin satu hal yang paling mudah adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Sederhana tapi bisa membawa impact besar.

Alamat: Gedung Olveh. Jl. Jembatan Batu No. 50, Kota, Jakarta
Jam buka: 11.00-18.00
Harga: Rp.10 ribu – Rp.50 ribu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s